Bagaimana Cara Makanmu Agar Tidur Lebih Baik

Bagaimana Cara Makanmu Agar Tidur Lebih Baik

Jika Anda kesulitan tidur di malam hari, maka microbiome usus Anda mungkin yang harus disalahkan. Mikrobioma usus Anda dapat didefinisikan sebagai semua bakteri, virus, protozoa, dan jamur di saluran pencernaan Anda, bersama dengan semua bahan genetik yang ada. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ada hubungan yang pasti antara mikrobioma usus Anda dan reaksi Anda terhadap stres. Orang yang tidak memiliki mikrobioma usus yang baik dapat mengalami siklus tidur-bangun yang terganggu, menyebabkan mereka mengembangkan Alzheimer, demensia, diabetes, dan banyak penyakit lainnya. Meskipun penyakit ini mungkin tidak muncul untuk waktu yang lama, Anda harus tidur nyenyak dengan mengendalikan mikrobioma usus Anda hari ini.
Beri Makan Mikroba Anda pada Jam Internal Mereka

Menurut penelitian baru dari University of Chicago, metabolisme tubuh Anda ditentukan oleh protein Kai dalam tubuh Anda. Secara khusus, dua molekul, yang disebut ATP dan ADP, mengendalikan jam sirkadian bakteri. Molekul-molekul ini paling aktif setelah mereka diberi gula dan kurang aktif ketika mereka kekurangan. Oleh karena itu, ritme alami tubuh tidak dikendalikan oleh cahaya atau kegelapan, tetapi sebaliknya, dikendalikan oleh berapa banyak gula dalam sistem Anda. Mematuhi jadwal makan yang tetap membantu mikrobioma tubuh tetap seimbang.

Raih dan Pertahankan Berat Badan yang Sehat

Membatasi jumlah lemak yang Anda konsumsi membantu Anda mendapatkan atau mempertahankan berat badan yang sehat, yang juga penting dalam membantu menjaga mikrobioma usus Anda tetap sehat. Penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara mikrobioma usus individu yang kelebihan berat badan dan yang berada di atau di bawah berat badan ideal mereka. Mereka yang berada di atau di bawah berat badan ideal mereka memiliki microbiome yang lebih sehat. Pada gilirannya, mereka bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Selain itu, mereka mengalami lebih sedikit kecemasan dan menunjukkan lebih sedikit tanda-tanda depresi. Anda dapat mengubah jenis mikrobioma usus Anda dengan hanya mencapai berat badan ideal dengan makan lebih sedikit lemak dan berolahraga lebih banyak. Karena Anda membakar kalori saat Anda tidur, tidur nyenyak di malam hari membantu Anda mencapai berat badan ideal.
Makanlah Makanan yang Lebih Kecil Lebih Sering

Selama Anda mengonsumsi jumlah kalori yang sama, penelitian menunjukkan bahwa makan banyak makanan yang lebih kecil menghasilkan microbiome usus yang lebih kondusif untuk tidur daripada hanya makan dua atau tiga kali sehari. Mikrobioma usus paling sehat ditemukan pada orang yang mengkonsumsi sebagian besar kalori mereka di awal hari.
Tambahkan Prebiotik atau Probiotik

Menambahkan prebiotik atau probiotik ke dalam diet Anda membantu menyediakan nutrisi yang dibutuhkan mikrobioma usus untuk tetap sehat. Probiotik membantu memulihkan kesehatan usus, dan mereka sering ditemukan dalam produk susu fermentasi bersama dengan yang lain yang mengandung bakteri hidup. Secara khusus, mereka memelihara lapisan usus sehingga microbiome memiliki tempat yang sangat baik untuk hidup. Di sisi lain, prebiotik membantu memecah mikrobioma sehingga orang memiliki energi selama waktu bangun normal dan dapat beristirahat lebih baik saat tidur.

Mikrobioma usus yang sehat membantu Anda tidur nyenyak. Mulailah mendapatkan makanan Anda dalam kondisi yang lebih baik dengan memberinya makan dengan sering memakan makanan kecil berdasarkan jam internal tubuh Anda. Perhatikan bahwa Anda memasukkan probiotik dan prebiotik dalam diet Anda saat mereka bekerja bersamaan dengan microbiome tubuh Anda untuk membantu Anda mendapatkan tidur yang nyenyak. Selain itu, pastikan untuk menghitung kalori Anda sehingga Anda mendapatkan atau mempertahankan berat badan yang sehat.

Sumber : www.foodworldnews.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *